CYNTHIA OCTAVIANTI

Thursday, January 3, 2013

Pengertian Sistem, Informasi dan Sistem Informasi

             Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. sedangkan Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
             Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem Informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. Atau dalam pengertian lainnya, Sistem Informasi merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang  membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.
              Perkembangan Sistem Informasi meliputi Sistem Informasi Tradisional yaitu suatu sistem informasi yang dioperasikan dan dikelola secara semi-manual. SI beroperasi secara lambat sehingga pengambilan keputusan sering berdasarkan data asumsi/perkiraan. lalu Sistem Informasi Berbasis Komputer yaitu Penggunaan teknologi komputer untuk mendukung penciptaan SI sehingga waktu  menghasilkan informasi lebih singkat dengan tingkat keakuratan yang tinggi, dan mengurangi birokrasi. lalu Sistem Informasi Berbasis Jaringan Perkantoran yaitu sistem informasi dengan jaringan komputer perkantoran untuk membuka sejumlah tempat transaksi, dan laporan dapat diperoleh secara on-line. dan Sistem Informasi Lintas Platform yaitu sistem informasi dengan teknologi internet yang dapat menghubungkan komputer di seluruh dunia untuk kegiatan bisnis, dikenal dengan istilah e-Business.
               Suatu sistem informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu kelompok kegiatan operasi yang tetap, yaitu: Mengumpulkan data, mengelompokkan data, menghitung, menganalisa dan menyajikan laporan.

18 comments:

  1. Makasih atas informasinya, izin copas ya,, :)

    ReplyDelete
  2. terimaksih informasinya,izin copy bwat referensi kulyah ya

    ReplyDelete
  3. Hi Hi
    Penasaran dengan Jurusan Sistem Informasi yang bagus untuk membangun sumber daya manusia yang baik, berkualitas ? STMIK Raharja punya >> http://si.raharja.ac.id/
    Coba yuk di view^^

    ReplyDelete
  4. Trima kasih mba sdh share infonya.😉

    ReplyDelete
  5. terimakasih buat infonya, saya izin copas ya buat tugas kuliah. thanks..:)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. ini sangat membantu saya, jika bisa cantumkan source atau sumber artikel yang kakak tulis, terima kasih.

    ReplyDelete