CYNTHIA OCTAVIANTI

Wednesday, January 9, 2013

Percaya Diri

Percaya Diri, yang biasa anak muda jaman sekarang sebut dengan sebutan "PD", banyak orang yang jarang mempunyai kepercayaan untuk dirinya sendiri, seperti saya terkadang percaya diri saya hilang saat saya merasa ada yang kurang dari diri saya, begitu juga mungkin dengan orang lain, ada yang merasa kehilangan percaya dirinya dan ada juga yang merasa terlalu percaya diri dalam menjalankan apapun. setelah itu saya mencoba mencari pengertian dari percaya diri, percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri. 

Akibat Kurang Percaya Diri
Ketika ini dikaitkan dengan praktek hidup sehari-hari, orang yang memiliki kepercayaan diri rendah atau telah kehilangan kepercayaan, cenderung merasa / bersikap sebagai berikut :
a. Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh sungguh.
b. Tidak memiliki keputusan melangkah yang decissive (ngambang)
c. Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan
d. Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah
e. Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal)
f.  Canggung dalam menghadapi orang
g. Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan
h. Sering memiliki harapan yang tidak realistis
i. Terlalu perfeksionis
j. Terlalu sensitif (perasa)

disini saya ingin menambahkan cara meningkatkan rasa percaya diri kita menurut saya, mungkin yang pertama dengan Percaya kepada Tuhan YME, dengan begitu kita akan merasa bahwa Tuhan telah menciptakan manusia sama dengan manusia lainnya. kedua mungkin dengan cara Tersenyum, dengan mengawali hari dengan senyuman maka kita akan merasa percaya diri, lalu mungkin dengan cara Tampillan serapih mungkin, dengan tampilan yang rapih dan membuat kita nyaman maka hal tersebut akan meninggkatkan rasa percaya diri kita. mungkin hal-hal tersebut dapat menambah rasa percaya diri :)

No comments:

Post a Comment