CYNTHIA OCTAVIANTI

Friday, January 13, 2012

Cara Mengatasi Rasa Malas

Rasa malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Rasa malas merupakan sejenis penyakit mental. Mengapa disebut penyakit mental? Disebut demikian karena akibat buruk dari rasa malas memang sangat merugikan. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa malas tersebut: 

1.       Membuat tujuan
Orang malas biasanya tidak memiliki motovasi untuk berkembang kea rah kehidupan yang lebih baik. Sementara orang yang tidak memiliki motivasi biasanya tidak memiliki tujuan-tujuan hidup yang layak atau pantas untuk diraih. Tanpa tujuan, komitmen dalam pencapaian hidup maka seseorang tidak akan pernah merasa ingin bangkit. Posisi seperti ini menjadi pasif, tergantung pada situasi atau menyerah kepada nasib. Tidak ada semangat untuk meraih atau mencapai sesuatu. Agar seseorang itu dapat termotivasi, harus mempunyai tujuan hidup
2.       Mengasah kemampuan
Setiap orang mempunyai berbagai macam kemampuan atau ketrampilannya sendiri-sendiri.  Contohnya melakukan hal-hal yang kita senangi/kita hobikan. Jika aktivitas-aktivitas pembelajaran itu dilakukan secara konsisten dan dengan komitmen sepenuhnya, maka kita telah berada di jalur benar. Aktivitas pembelajaran akan menempatkan kita pada posisi dan lingkungan yang dinamis. Dengan sendirinya ini akan semakin memperkuat rasa percaya diri kita, menebalkan komitmen pencapaian tujuan dan tentu menambahkan semangat kita.
3.       Pergaulan dinamis
Lingkungan terkadang sangat menjadi peran penting, salah dalam pergaulan maka dengan cepat kita akan mengikuti arah tersebut. Dengan begitu kita di hadapkan dengan berbagai macam pilihan. Para pemenang berkumpul dengan para pemenang, sementara para pecundang cenderung berkumpul dengan para pecundang. Ungkapan tersebut mengandung kebenaran. Sulit sekali bagi seorang pemalas untuk bergabung dengan para pemenang, bergaul dengan para pemenangpun akan menambah rasa penasaran, dan rasa ingin mencoba untuk menjadi pemenang seperti yang lain.
4.       Disiplin diri
Jika kita menanamkan rasa disiplin di diri kita, maka banyak hal yang akan bisa kita kerjakan dengan baik. Sikap keras pada diri sendiri atau disiplin itulah yang umumnya membawa kesuksesan bagi para pekerja. Disiplin untuk datang tepat waktu itu adalah salah satu sikap melawan rasa malas.

Rasa malas jelas sangat merugikan. Jalan satu-satunya adalah dengan melawan rasa tersebut dan lakukan hal yang memang hasrus dilakukan. 

No comments:

Post a Comment