CYNTHIA OCTAVIANTI

Friday, October 1, 2010



SOFT SKILL


Sebelumnya saya belum pernah mendengar dan tau tentang softskill. Pertama kali saya dengar ada matakuliah softskill saya bingung, saya tidak tau sama sekali apa itu softskill. Setelah dosen datang ke kelas dan menerangkan tentang softskill disitu saya baru tau apa itu softskill.

Softskill adalah kemampuan khusus ,diantaranya social interaction ,keterampilan teknis dan managerial.Kemampuan ini harus dimiliki oleh mahasiswa untuk memasuki dunia kerja

Lalu saya dalami lagi pengetahuan saya tentang softskill dengan membacanya di www.google.com menurut saya, 
Soft skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. sementara itu, 
Hard skills merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. 


Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu, akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill

 
Keterampilan-keterampilan yang dimasukkan dalam kategori soft skills adalah integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, dan lainnya. Keterampilan-keterampilan tersebut umumnya berkembang dalam kehidupan bermasyarakat.


Atribut soft skills, dengan demikian meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter dan sikap. Atribut softskills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan bersikap. Namun, atribut ini dapat berubah jika yang bersangkutan mau merubahnya dengan cara berlatih membiasakan diri dengan hal-hal yang baru.



No comments:

Post a Comment