CYNTHIA OCTAVIANTI

Sunday, October 31, 2010

Membuat Icon dari foto.

Sebelumnya, anda  tentu harus menginstal software kecil bernama IconForge untuk memudahkan semuanya. anda bisa mendownloadnya secara gratis dari www.cursorarts.com/ca_if_d.html.

langkah 1 : ubahlah ukuran foto anda menjadi ukuran berikut: 16x16, 24x24, 32x32, 48x48, 64x64, atau 72x72 pixel. kenapa? karena itulah ukuran standart dari ikon yang dikenali windows. anda bisa menggunakan software bantuan seperti Photoshop atau ACDSee untuk melakukannya. setelah itu simpan menjadi sebuah file salinan, jangan ke dalam file aslinya. ingatlah direktori penyimpanan file baru itu.


langkah 2 : kini buka IconForge yang telah di download tadi.


langkah 3 : klik tombol [ new ] dari  deretan toolbar. lantas pilih [ new Icon ].


langkah 4 : dalam boks dialog yang muncul, pilih ukuran icon yang akan anda buat. sesuaikan saja dengan besar foto yang telah anda resize tadi. misalnya, ukuran fotonya telah anda ubah menjadi 48x48 maka klik [ 48 x 48 ] pada menu pull-down "Size:".


langkah 5 : kemudian pada menu pull-down "Colors:" pilih [ 16.7 Milion ]. Dengan warna sebesar ini, maka foto anda akan tampil baik.


langkah 6 : sebuah jendela baru akan muncul sebagai area kerja kita.


langkah 7 : sekarang saatnya menempelkan foto anda ke area kerja kita. kliklah [ edit ], lantas [ paste form ].


langkah 8 : carilah file salinan dari foto yang telah anda ubah ukuran tadi. klik [ OK ] sesudahnya.


langkah 9 : kini tentu gambar tadi sudah masuk ke dalam area kerja anda


langkah 10 : kalau memang sudah cukup puas dengan hasilnya, langsung saja menyimpannya sebagai icon. tinggal klik [ File ] lantas [ Save As ]


langkah 11 : beri nama icon tersebut dan simpan di lokasi yang anda inginkan.


langkah 12 : jika anda ingin memberikannya efek tertentu, maka kliklah menu [ effects ]. disana tersedia beragam efek yang bisa anda menfaatkan untuk icon anda, agar tampak kian menarik.


setelah ikon baru itu selesai, kini gantilah icon desktop yang anda inginkan dengan icon baru tersebut. caranya, klik kanan pada icon yang ingin anda ganti, kemudian klik [ properties ]. pada boks yang muncul, klik tombol [ change icon ]. lantas klik [ browse ] dalam boks selanjutnya, untuk memberitahu komputer letak icon baru yang telah anda simpan tadi. setelahnya, klik [ OK ] [ OK ] [ Apply ] dan [ OK ]. maka, ikon baru pun akan tampak di layar desktop.

No comments:

Post a Comment