CYNTHIA OCTAVIANTI

Thursday, October 31, 2013

Middleware Telematika (Penulisan 3)




Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada.

Perangkat lunak middleware adalah perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistim operasi. Adapun fungsi dari middleware adalah:
  • Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
  • Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
  • Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
Tujuan utama layanan middleware adalah untuk membantu memecahkan interkoneksi beberapa aplikasi dan masalah interoperabilitas.

A. Lingkungan Komputasi Dari Middleware Telematika 

Suatu lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu : 
1. Komputasi tradisional, 
2. Komputasi berbasis jaringan, 
3. Komputasi embedded, 
4. Komputasi grid. 

Lingkungan komputasi itu sendiri bisa diklasifikasikan berdasarkan cara data dan instruksi programnya dihubungkan yang terdiri atas empat kategori berikut ini : 
1. Single instruction stream-single data stream (SISD) : Satu prosesor dan biasa juga disebut komputer sekuensial 
 2. Single instruction stream-multiple data stream (SIMD) : Setiap prosesor memiliki memori lokal dan duplikasi program yang sama sehingga masing-masing prosesor akan mengeksekusi instruksi/program yang sama 
3. Multiple instruction stream-single data stream (MISD) : Data yang ada di common memory akan dimanipulasi secara bersamaan oleh semua prosesor 
4. Multiple instruction stream-multiple data stream (MIMD) : Setiap prosesor memiliki kontrol unit, memori lokal serta memori bersama (shared memory) yang mendukung proses paralelisasi dari sisi data dan instruksi. 

B. Kebutuhan Middleware 

Middleware adalah software yang dirancang untuk mendukung pengembangan sistem tersebar dengan memungkinkan aplikasi yang sebelumnya terisolasi untuk saling berhubungan. Dengan bantuan middleware, data yang sama dapat digunakan oleh customer service, akuntansi, pengembangan, dan manajemen sesuai kebutuhan. Middleware dapat juga berfungsi sebagai penerjemah informasi sehingga setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka proses. 

Middleware tersedia untuk berbagai platform, dengan berbagai jenis. Jenis middleware yang umum dikembangkan saat ini dapat dikelompokkan dalam lima kategori besar, salah satunya adalah homegrown, yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan internal organisasi, model RPC/ORB (Remote Procedure Call/Object Request Broker), Pub/Sub (Publication/Subscription), Message Queuing, dan TP (Transaction Processing) Monitor. 

C. Contoh-contoh Middleware 

 1. Java’s : Remote Procedure Call Remote Procedure Calls (RPC) memungkinkan suatu bagian logika aplikasi untuk didistribusikan pada jaringan. Contoh : 
      • SUN RPC, diawali dengan network file system (SUN NFS). 
      • DCE RPC, sebagai dasar Microsoft’s COM. 
Object Request Brokers (ORBs) memungkinkan objek untuk didistribusikan dan dishare pada jaringan yang heterogen. Pengembangan dari model prosedural RPC, –Sistem objek terdistribusi, seperti CORBA, DCOM, EJB, dan .NET memungkinkan proses untuk dijalankan pada sembarang jaringan. 

2. Object Management Group’s : Common, dan Object Request Broker Architecture (COBRA) 

3. Microsoft’s COM/DCOM (Companent Object Model)

4. .NET Remoting. 

Berikut ini merupakan contoh-contoh perangkat lunak dari middleware : 
• ODBC (Open Database Connectivity) adalah suatu middleware berbasis Windows yang digunakan untuk berinteraksi dengan berbagai database. 

• JDBC (Java Database Connectivity) memungkinkan applet mengakses database biasa digunakan pada Pemrograman dengan bahasa java. 

• J2EE Application Server suatu middleware berbasis open source yg digunakan untuk mengakses database server pada sebuah website yang menggunakan bahasa java. 

• Oracle Application Server sebuah software middleware yang digunakan untuk mengakses dan mengolah suatu database yang dibangun menggunakan Software Oracle. 


sumber: 
http://titasinsi.blogspot.com/2012/10/tentang-middleware-telematika.html
- http://imammulya21.wordpress.com/2009/12/04/middleware-telematika/
- http://freakpaper.blogspot.com/2012/11/middleware-telematika.html

No comments:

Post a Comment